Cara pembuatan paving bock yang biasanya digunakan dalam masyarakat dapat diklasifikasikan menjadi 2 metode yaitu :

A. Metode konvensional

Metode ini yang paling banyak digunakan oleh masyarakat kita terutama di Indonesia, dan lebih dikenal dengan nama metode gablokan. Pembuatan paving block dengan cara konvensional dilakukan denan menggunakan alat gablokan dengan beban pemadatan yang berpengaruh terhadap tenaga orang yang mengerjakan nya.

Metode ini banyak digunakan oleh masyarakat sebagai industri rumahan karena alat yang digunakan sederhana, juga mudah dalam proses pembuatannya, sehingga dapat dilakukan oleh siapa saja semakin kuat tenaga orang yang mengerjakannya maka akan semakin kuat dan padat paving bock yang dihasilkan.

Dari sisi dan cara pembuatannya, akan mengakibatkan pekerja cepat kelelahan karena proses pemadatan dilakukan dengan menghantamkan alat pemadat pada adukan yang berada dalam cetakan.

B. Cara press hidrolis(mesin)

Merupakan alat press paving yang digerakan dengan tenaga mesin (PLN, Diesel) alat press hidrolis dapat menghasilkan kualitas paving yang baik, karena tekanan yang diberikan pada tiap-tiap paving lebih merata dan tekanan yang diberikan juga lebih besar, sehingga paving block yang dibuat dengan alat press hidrolis lebih padat dari pada yang dibuat dengan alat press munual dengan alat prees hidrolis bisa menghasilakan paving  minimal 1000 atau lebih/buah perhari.

Demikian lah paparan dari kami mengenai Tips dan Trik Cara Pembuatan Paving Block.