Saat menyusun paving bock untuk jalan, taman, trotroar dan halaman rumah mungkin bagi orang yang melihat sangat simple dan sepele. Namun tahukan anda bahwa untuk menyusun paving block pada sebidang luas lahan atau tanah diperlukan kalkulasi yang akurat agar dapat tercipta  efesiensi bahan yang digunakan. ternyata memasang atau menyusun paving block tidak semudah yang kita bayangakan. dikarenakan sejak awal perencanaan, anda harus menghitung estimasi keperluan bahan yang mengacu pada luar bidang lahan, bentuk dan ukuran paving block yang akan digunaka, supaya bahan yang anda beli tidak belebih dan sesuai dengan kebutuhan.
Selain harus mengkalkulasi jumlah paving block yang dibutuhkan anda juga harus menentukan. pola desain atau pattern dari susunan paving blok yang anda inginkan.

Jika hanya mengacu pada satu bentuk dan satu ukuran paving block maka pola desain yang bisa anda terapkan memang terbatas dan lebih mudah untuk mengkakulasi bahan yang dibutuhkan.


Namun jika anda sudah menggunakan dua atau lebih bentuk paving block maka diperlukan perhitungan khusus dan kosentrasi ektra agar perhitungan anda tidak meleset dan terjadi efesiensi bahan. dibawah ini akan ada beberapa pola desain atau pattren dasar penyusunan paving block dimana pola-pola di bawah ini merupakan pola dasar dan sederhanan yang sudah umum di terapkan dan sudah banyak kita lihat seperti diarea lahan pakir kendaraan.

Pola Dasar Dengan Satu Bentuk atau Ukuran Paving Block

Pola Dasar Dengan Satu Bentuk atau Ukuran Paving Blockk

Ada Tujuh Pola dasar Penyusunan Satu Betuk atau ukuran paving block  yang sudah dikenal dan umum dikalangan masyarakat yaitu pola Straight Course, Brickwork, Square Brickwork, diagonal Course, Herringbone dan Diagonal Herringbone.

Pola kombinasi Dua bentuk Dengan Dua Bentuk atau Ukuran paving Block/Lebih

harga paving block pekanbru

paving block pekanbau pola dasar pemasangan paving

Pola Transisi dengan dua Bentuk atau Ukuran Paving Block/lebih

Sebilan pola dasar penyusunan kombinsai dua bentuk atau lebih ukuran paving block yang dikenal diantaranya adalah sebagai berikut :
Alternating, Windmill, Herringbone, Inserted, Cobblestone, Hopsctch, Offset, Plaid, Pinwheel dan Rondom.

Pola Transisi dengan dua Bentuk atau Ukuran Paving Block/lebih

harga paving block pekanbaru Pola Dasar Pemasangan Desain dan Penyusunan Paving Block

Untuk pola dasar penyusunan transisi dua bentuk atua ukuran/Lebih  paving block sangat dinamis sesuai dengan style yang diinginkan dan sesuaikan juga dengan bentuk dan ukuran paving block yang digunakan bentuk Square atau Persegi.

Itulah tadi sekilas artikel Pembahasan Tentang Pola Dasar Pemasangan Desain dan Penyusunan Paving Block
Semoga Bermanfaat.